Langsung ke konten utama

SOYESS Susu Kedelai

SOYESS Susu Kedelai isi 15 Sachet

Minuman serbuk berbahan dasar kedelai yang dikombinasikan dengan kalsium, lutein, DHA, lesitin dan madu bubuk. Minuman serbuk kedelai bisa digunakan sebagai pengganti susu pada penderita alergi susu sapi serta bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.
Protein merupakan sumber makanan yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh, baik protein hewani maupun protein nabati. Salah satu protein nabati yang baik bagi kesehatan tubuh yaitu kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai. Saat ini, banyak masyarakat yang mengkonsumsi kacang kedelai karena kaya akan manfaat dan rasanya pun jauh lebih enak. Kacang kedelai biasa dijadikan susu, dimana susu kacang kedelai bebas lemak. Kacang kedelai memiliki nilai gizi yang cukup tinggi baik dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Susu kacang kedelai telah banyak dikonsumsi di negara barat sebagai pengganti susu sapi. Cara membuat minuman ini cukuplah mudah, yaitu dengan merendam kacang kedelai yang telah di masak ke dalam air, lalu kacang kedelai digiling dan di saring untuk diambil sari patinya. Dalam pembuatan susu kacang kedelai ini, ada yang menambahkan gula dan ada pula yang tidak menambahkan gula. Karena susu kacang kedelai tidak mengandung laktosa, susu ini sangat aman dikonsumsi oleh bayi, terutama bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi. Selain itu, ada banyak manfaat susu kedelai yang dapat dinikmati.

Sejarah Susu Kedelai

Susu kedelai telah ada pada zaman Cina Kuno sejak 1900 tahun yang lalu. Dahulu, seorang Raja, Liu An yang berasal dari Dinasti Han menggunakan susu kedelai sebagai pengobatan untuk ibunya yang sedang sakit. Saat itu, sang ibu tidak dapat mengunyah makanan-makanan keras dan akhirnya Liu An menggiling kacang berwarna kuning yang sebelumnya telah direndam selama beberapa jam yang berubah menjadi cairan berwarna putih kekuningan yang disebut susu kacang kedelai. Setelah itu, susu tersebut diberikan kepada ibunya dan setelah beberapa hari, kondisi ibunya semakin membaik. Berita kesembuhan ibunya karena susu kedelai tersebut menyebar luas ke masyarakat Cina. Kini, susu kacang kedelai menjadi minuman yang sangat umum bagi kebudayaan Cina yang sangat cocok diminum sepanjang tahun.

Kandungan Gizi dan Manfaat Susu Kedelai

Susu kedelai yang merupakan minuman olahan dari sari pati kacang kedelai memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat. Susu kedelai memiliki banyak sekali kandungan gizi dibandingkan susu sapi. Susu rendah lemak dan tanpa laktosa ini juga cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program diet atau vegetarian. Selain rendah lemak dan tanpa laktosa, susu ini juga dapat menurunkan berat badan dan membuat rasa kenyang yang lebih lama, sehingga bagi yang ingin menjalani diet sehat alami, sebaiknya konsumsi susu kedelai secara teratur. Beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam susu kedelai dan manfaat susu kedelai, antara lain :

1. Susu kedelai kaya akan protein, dimana protein pada susu kedelai tersusun oleh asam amino, seperti lesitin, arginin, glisin, lisin, leusin, niasin, triptofan, isoleusin, treonin dan fenilalanin. Protein yang terkandung dalam susu kedelai baik untuk pertumbuhan dan tumbuh kembang anak, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, meningkatkan sistem imun didalam tubuh dan merupakan penyusun hormon insulin dan glikogen didalam pankreas karena susu kedelai mengandung asam amino arginin dan glisin.

2. Lemak Nabati yang terkandung didalam susu kedelai sangat baik bagi kesehatan tubuh.

3. Susu kedelai yang mengandung karbohidrat bermanfaat sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, serat yang ada pada susu kedelai juga baik untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

4. Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah dapat membantu melancarkan fungsi penglihatan dan pertumbuhan tulang karena mengandung vitamin A.

5. Vitamin B1 atau tianin sangat bermanfaat dalam membantu reaksi-reaksi yang ada didalam tubuh untuk menghasilkan energi. Sedangkan kandungan B2 yang ada pada susu kedelai merupakan suatu pigmen yang memang banyak terdapat pada semua jenis susu.

6. Vitamin E pada susu kedelai memberikan manfaat untuk memperbaiki dan melancarkan reproduksi, baik bagi pria maupun wanita, seperti melancarkan haid atau menstruasi, mencegah gejala impotensi dan mencegah keguguran. Kemudian juga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung, meningkatkan produksi ASI dan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas didalam tubuh, sehingga tubuh akan terasa lebih segar dan mencegah penuaan dini.

7. Manfaat susu kedelai yang lain adalah adanya kandungan mineral untuk meningkatkan kekuatan tulang, gigi, kuku serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemudian, mineral juga berfungsi dalam membantu proses pertumbuhan tulang anak menuju dewasa.

8. Susu kedelai juga mengandung polisakarida yang bermanfaat menekan kadar glukosa dalam tubuh, sehingga dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Hal tersebut sangat membantu mengendalikan penyakit diabetes.

9. Isoflavon yang terkandung pada susu kedelai merupakan asam amino yang memiliki vitamin dan gizi dalam kacang kedelai yang membentuk flavonoid. Falvonoid merupakan pigmen, seperti zat hijau daun yang biasanya berbau. Zat hijau daun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Secara garis besar, manfaat dari isoflavon yang terkandung pada susu kedelai adalah meningkatkan metabolisme dalam tubuh, merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, mencegah sembelit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan tulang dan gigi, mengendalikan tekanan darah, mengendalikan kadar kolesterol, mencegah resiko obesitas dan menghilangkan gejala penyakit maag.

10. Susu kedelai baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung asam folat yang dapat membantu perkembangan otak janin.

11. Kalsium yang ada pada susu kedelai berfungsi untuk memperkuat tulang, membantu pertumbuhan tulang dan gigi serta mencegah pengeroposan tulang.

12. Kandungan HDL atau High Density Lipoprotein pada susu kedelai mampu mencegah proses pengapuran dengan menyedot timbunan lemak dan kolesterol yang bersifat jahat yang kemudian dibawa ke lever dan nantinya akan dibuang melalui empedu. Oleh karena itu, kandungan HDL ini juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Susu kedelai banyak mengandung gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin akan membuat tubuh lebih segar dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Susu kedelai dianjurkan dikonsumsi untuk ibu hamil karena mengandung semua yang dibutuhkan oleh janin, seperti protein, vitamin dan asam folat. Namun bagi ibu hamil dengan usia kandungan 1-3 bulan, hendaknya membatasi konsumsi susu kedelai karena kandungan phytoestrogen yang dapat memicu kontraksi rahim karena perekat pada rahim belum sempurna yang akan menyebabkan keguguran.

Kandungan-kandungan gizi yang terkandung pada susu kedelai dapat melebihi kandungan gizi yang terdapat pada susu sapi, oleh karena itu, susu kedelai juga cocok untuk pengobatan karena merupakan protein nabati yang rendah lemak dan kolesterol serta mengandung nutrisi pelengkap yang baik bagi kesehatan tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam susu kedelai dapat menangkal radikal bebas didalam tubuh yang akan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Jika ingin hidup sehat, mulai konsumsilah susu kedelai setiap pagi sebagai pengganti susu sapi dan semoga beberapa manfaat susu kedelai yang telah dibahas dapat menjadi referensi bagi yang ingin hidup sehat.

Cara konsumsi:
Konsumsi 1-2 sachet perhari.

Petunjuk penyajian:
Tuangkan 1 sachet ke dalam gelas, tambahkan 150 ml air panas, aduk rata dan segera sajikan.

Petunjuk penyimpanan:
Simpan di tempat sejuk dan kering, jauhkan dari sinar matahari langsung.

Komentar